Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Wajib Mencontoh Rasulullah dengan Melakukan Dakwah Pemikiran

Rabu, 16 Oktober 2024 | 20:27 WIB Last Updated 2024-10-16T13:27:58Z
TintaSiyasi.id -- Mubaligah Ustazah Rif’ah Kholidah mengatakan, wajib bagi umat Islam khususnya pengemban dakwah mencontoh dakwah Rasulullah Saw, dengan melakukan dakwah pemikiran.

"Wajib bagi umat Islam khususnya bagi para pengemban dakwah untuk mencontoh dakwah Baginda Rasulullah Saw. dengan melakukan dakwah pemikiran bukan dengan yang lainnya," ujarnya di kanal YouTube Muslimah Media Hub, Ahad (13/10/2024), Bagaimana Hukum Dakwah Pemikiran?

Ia menjelaskan, dakwah pemikiran adalah perintah Allah SWT. yang telah ditetapkan dalam Al-Qur'an dan telah dicontohkan oleh Baginda Rasulullah Saw., saat beliau mengubah masyarakat jahiliyah menjadi masyarakat Islam. Oleh karena itu wajib bagi kaum Muslimin untuk melakukan dakwah pemikiran dengan menjelaskan kesalahan-kesalahan pemikiran yang batil dan keshahihan pemikiran-pikiran Islam.

Dakwah pemikiran (fikriyah) adalah aktivitas dakwah untuk merubah pola pikir umat yang tidak Islami menjadi pola pikir Islam. Sebagaimana yang telah dilakukan Baginda Rasulullah Saw. saat Beliau berdakwah di Mekkah. Beliau mengubah pola pikir masyarakat jahiliah menjadi pola pikir Islam. Karena pada dasarnya pemikiran yang rusak yakni pemikiran jahiliyah hanya bisa diubah dengan pemikiran yang shahih, yakni pemikiran Islam bukan dengan yang lainnya.

"Dalam aktivitas dakwahnya Rasulullah Saw. senantiasa mengkritik dan menyerang keyakinan-keyakinan adat istiadat, serta tradisi masyarakat jahiliah yang rusak. Lebih dari itu Rasulullah Saw. juga mengungkapkan keburukan-keburukan dan kesesatan sistem, keyakinan sistem masyarakat jahiliah, hingga terjadilah pertarungan dan pergolakan pemikiran antara Islam dengan kesyirikan antara kebenaran dan kebathilan," jelasnya.

Dia menekankan dalam konteks hari ini, wajib bagi para pengemban dakwah untuk menjelaskan kebobrokan ideologi kapitalisme serta ide-ide kufur seperti demokrasi, nasionalisme, pluralisme, moderasi beragama, dan yang lainnya. Juga menjelaskan tentang persekongkolan pemimpin negara Muslim dengan para penjajah kafir serta penjajahan yang mereka lakukan kepada kaum Muslimin.

"Dakwah pemikiran adalah dakwah yang berusaha untuk membangkitkan taraf berpikir umat, sehingga umat memiliki kesadaran akan realitas yang buruk dan kebrobokan system yang dihadapinya, sehingga umat mau melakukan perubahan. Oleh karena itu dakwah pemikiran adalah penting dan wajib untuk dilakukan sebagaimana yang dicontohkan oleh Baginda Rasulullah Saw," paparnya.

Tanpa dakwah pemikiran, tidak akan bisa menumbuhkan pada diri umat adanya kesadaran untuk melakukan perubahan yang mendasar, Syekh Ahmad Athiyat dalam Kitabnya At Thariq beliau mengatakan bahwa kezaliman itu bukanlah faktor pendorong terjadinya perubahan mendasar tetapi kesadaran akan adanya kezaliman yang akan mendorong terjadinya perubahan yang mendasar.

Tidak dapat dipungkiri bahwa keberhasilan dakwah Rasulullah Saw. dalam mengubah masyarakat jahiliyah menjadi masyarakat yang mampu memimpin peradaban dan menjadi mercusuar dunia, tidak bisa dilepaskan karena adanya dakwah pemikiran dilakukan oleh Beliau.

"Akhir kata kami mohon kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala, semoga Allah segera menyegerakan pertolongannya dalam dakwah ini dengan tegaknya khilafah yang menerapkan hukum-hukum ya yang menjaga agamanya dan menyatukan umat ini menjadi umat yang satu serta mengembalikan umat dalam kemuliaan dan kejayaan," pungkasnya.[] Alfia Purwanti

Opini

×
Berita Terbaru Update