Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Penjajahan di Palestina Bukan Masalah Agama, UIY: Itu Konyol!

Senin, 21 Oktober 2024 | 22:01 WIB Last Updated 2024-10-21T15:01:40Z


Tintasiyasi.ID -- Cendekiawan Muslim Ustaz Muhammad Ismail Yusanto (UIY) menilai bahwa konyol apabila konflik Israel dan Palestina tidak berhubungan dengan agama. `

 

"Itu konyol betul siapa saja yang menyatakan persoalan Palestina tidak ada hubungannya dengan agama. Dengan spirit agama kita aja masih kalah apalagi tanpa spirit agama, itu bisa kalah lagi," ujarnya dalam kanal Youtube UIY Official berjudul 1 Tahun Genosida Gaza, Bagaimana Menghentikannya, Senin (07/10/2024).

 

Adapun, ia menilai sudut pandang seperti itu merupakan kesalahan dan kekalahan kesekian kalinya dari umat Muslim. “Bahwa ini persoalan agama, dan harus diselesaikan dengan perspektif agama, dengan semangat agama, demi kepentingan agama, dan itu jihad,” tambahnya.

 

Menurutnya, pemahaman terkait tidak adanya hubungan agama dalam konflik Israel Palestina tidak lepas dari usaha musuh untuk melemahkan umat Islam. Hal ini dilakukan dengan cara membuat muslim tidak lagi menggunakan perspektif agama dalam menyikapi konflik kedua negara tersebut.

 

"Memandang persoalan tidak dengan dasar agama dan tidak dengan dasar agama untuk menyelesaikannya, lalu dengan dasar apa? Kalau tidak dengan jihad lalu untuk apa umat Islam berjuang? Kalau tidak untuk memperoleh rida Allah dan surganya lalu untuk apa?" tegasnya.

 

Ustaz Ismail menambahkan bahwasanya tidak ada satu pun bagian dari persoalan bangsa, dunia, maupun keluarga yang lepas dalam perspektif Islam. 

 

"Semuanya mesti dipandang dalam perspektif Islam apalagi untuk kasus Palestina," terangnya.

 

Lanjutnya, ia menjelaskan bahwa apabila berbicara Palestina, maka akan berbicara Masjidilaqsa, dan saat berbicara Masjidilaqsa akan teringat Nabi Muhammad saw. pada peristiwa Isra Mikraj.

 

"Apa itu peristiwa Isra Mikraj kalau tidak bisa dikaitkan dengan akidah Islam? Karena peristiwa Isra Mikraj ada pengukuhan terhadap kenabian nabi Muhammad saw.," jelasnya.

 

 

Ia pun berpesan, Muslimin akan mudah dikalahkan jika memandang persoalan tanpa didasari dengan agama. "Ketika itu terjadi, umat Islam tinggal seonggok daging yang berjalan tak punya kekuatan apa-apa, tidak punya spirit apa-apa, tidak punya semangat, dan itu akan dengan mudah dikalahkan oleh siapa pun," pungkasnya.[] Taufan

Opini

×
Berita Terbaru Update