Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Lima Ilmu Ini Harus Dipelajari Kaum Muslim Supaya Lebih Mencintai Rasulullah Saw.

Jumat, 20 September 2024 | 06:48 WIB Last Updated 2024-09-19T23:48:45Z
TintaSiyasi.id -- Mudir Ma'had Khadimus Sunnah Bandung Ajengan Yuana Ryan Tresna mengungkapka ada lima ilmu yang harus dipelajari kaum Muslim supaya lebih mengenal dan mencintai Rasulullah Saw.

"Ada lima ilmu yang harus dipelajari kaum Muslim supaya lebih mengenal dan mencintai Rasulullah Saw.," tuturnya di Akun Facebook Ma'had Khadimus Sunnah Bandung, Senin (16/9/2024).

Ia mengatakan, bulan Rabiul Awal yang penuh keberkahan merupakan momentum agar kaum Muslim makin mengenal Baginda Rasulullah Saw. dari berbagai sisinya sebagai bentuk kecintaan umat kepada beliau. Para ulama telah menyusun berbagai ilmu yang berkaitan dengan kenabian Muhammad Saw. 

Ada lima ilmu tentang keNabian Rasulullah Saw. Pertama, ilmu sirah. Bulan Rabiul Awal ini merupakan momentum umat Islam untuk mengkaji Sirah Nabi Muhammad Saw. Adapun sirah adalah ilmu yang terkait dengan berita tentang Nabi Muhammad Saw. mulai dari dilahirkan, hari demi harinya sampai wafatnya beliau. Dalam bahasa lainnya, sirah adalah menceritakan bagaimana Rasulullah Saw.

Ia menjelaskan, dulu kitab-kitab sirah tersebut terkenal dengan Magazi karena memang banyak menceritakan keterangan terkait Rasulullah Saw. Padahal sebenarnya jika berbicara berkaitan dengan sirah, maka penjelasannya mulai dari beliau lahir hingga wafat.

"Kitab yang sangat penting tentang sirah di antaranya adalah Sirah Nabawiyah karya Ibnu Hisyam yang merupakan riwayat dari Ibnu Ishaq, dan banyak kitab-kitab lain yang jauh lebih sederhana dan tipis daripada kitab induk dari Sirah Rasulullah Saw. Misalkan Sirah Nurul Yaqin yang merupakan ringkasan dan banyak dikaji di pesantren," terangnya.

Kedua, lanjutnya, Ilmu Syamail, yakni ilmu yang mempelajari sifat hulqiyah Nabi Muhammad Saw. Yakni sifat penciptaan beliau. Dan terkait dengan Syamail ini adalah salah satunya kitab Syamail Muhammadiyah karya Imam At-Tirmizi.

"Ketiga, ilmu Al-Fadail yakni ilmu yang membahas bagaimana keutamaan perbandingan Nabi Muhammad Saw. dengan para nabi yang lain, dan bagaimana keutamaan Nabi Muhammad Saw, baik secara terperinci maupun global," ujarnya.

Keempat, ilmu dalil, yakni ilmu yang mengkaji terkait aspek kemukjizatan Nabi Muhammad Saw. Salah satu kitabnya yang mengkaji bukti-bukti kemukjizatan adalah yang paling terkenal Dalailul Haq.

"Kelima, ilmu Khosois, yakni ilmu yang membahas aspek keistimewaan Nabi Muhammad Saw. dan umatnya. Salah satu kitabnya adalah Khosoisul Qubro karya Ahmad Suyuti Rahimahullah," tandasnya.[] Nurmilati

Opini

×
Berita Terbaru Update