Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

UIY: Hijrah Itu Menjaga Akidah dan Keimanan

Senin, 15 Juli 2024 | 09:43 WIB Last Updated 2024-07-15T02:43:25Z

Tintasiyasi.ID -- Cendekiawan Muslim Ustaz Ismail Yusanto mengungkapkan bahwa hijrah adalah menjaga akidah dan keimanan.

 

“Hijrah itu menyangkut sesuatu yang amat berharga pada diri kita yakni menjaga akidah dan keimanan,” ungkapnya dalam Fokus, To The Point: Hijrah Tak Cukup Individu, Butuh Negara! di kanal YouTube UIY Official, Rabu (10/07/2024).

 

UIY sapaan akrabnya, mengatakan bahwa hijrah adalah perkara yang sangat penting. Sedemikian pentingnya sampai Nabi saw. mengatakan, pahala orang yang berhijrah karena Allah Swt. tidak ada bandingannya.

 

“Kalau kita memperhatikan Al-Qur’an dan hadis, di setiap anjuran itu ada pahala dan sebesar-besarnya pahala itu bisa kita bayangkan. Tapi untuk perkara hijrah, Nabi mengatakan pahalanya tidak ada bandingannya,” jelasnya.

 

Sebagaimana yang digambar oleh Ibnu Hajar Al-Asqalani, hijrah itu pergi menyelamatkan agama dari fitnah.

 

“Kalau ada yang kita miliki paling berharga, itu tidak lain adalah akidah kita, keimanan kita. Kalau pun harta kita, rumah kita, emas, perak, kebun dan segala macam itu memang berharga, tetapi dia hanya berhenti di dunia saja, tidak bisa dibawa sampai ke akhirat,” terangnya.

 

Oleh karena itu, UIY menegaskan, jika milik kita yang berharga itu diganggu, atau mau diambil oleh orang lain, maka harus dipertahankan. “Jika untuk mempertahankan sesuatu yang amat berharga itu kita harus pergi, maka pergi itulah hijrah kita,” pungkasnya.[] Mustaqfiroh

Opini

×
Berita Terbaru Update