Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Sumbawa Barat bagi Indonesia Emas

Minggu, 14 Juli 2024 | 20:03 WIB Last Updated 2024-07-14T13:04:07Z

TintaSiyasi.id -- Jika ada analisis yang mengatakan bahwa Tahun 2025 akan menjadi tonggak awal bagi Indonesia emas 2045, maka analisis ini dapat dipertimbangkan kebenarannya. Mengapa? karena tahun 2025 akan menjadi awal bagi beroperasiya smelter pengolahan emas ukuran raksasa di Indonesia. Salah satunya adalah smelter pengolahan emas di kabupaten Sumbawa Barat Nusa Tenggara Barat.

Sumbawa Barat jauh dari Jakarta, ini adalah daerah terpencil. Sumbawa atau Samawa secara harfiah berarti langit, karena negeri ini ada di awan di ujung langit. Presiden Jokowi telah empat kali berkunjung ke Sumbawa, Presiden terpilih Prabowo Subianto meresmikan 7 mata air dan mandi disana. Air yang sejuk hingga ke dalam tulang. Negeri yang ada dalam hati kedua pemimpin ini.

Beroperasinya smelter pengolahan emas di Sumbawa Barat akan menjadi sejarah sukses pembangunan Industri nasional. Selama ini Indonesia hanya mengekspor bahan mentah dalam bentuk konsentrat tembaga. Bangsa Indonesia tidak tau apa saja mineral yang diekspor dan berapa nilai sebenarnya dari mineral mineral itu. Sekarang Indonesia akan tau karena Industri pengolahannya ada di Indonesia.

Lebih jauh lagi ini adalah potret pembangunan di daerah terpencil, penyebaran pembangunan industri pengolahan di luar pulau Jawa. industri besar lengkap dengan seluruh pendukungnya, pebangkit listrik, jalan, pelabuhan dan lain sebagaimnya. Ini pengolahan mas skala besar yang pertama di luar Jawa. Pada tahun 2025 nanti juga Freepot dan Mind Id akan menuntaskan pembangunan smelter Gresik di Jawa Timur dan akan memproduksi puluhan ton emas.

Sumbawa Barat akan menjadi lumbung emas, akan memproduksi 1 juta ons emas, atau 100 juta gram emas, bernilai setidaknya 140 triliun rupiah menurut salah satu sumber terpercaya. Selain itu juga akan memproduksi bahan ekspor turunan lainnya senilai sedikitnya 1,4 miliar dolar atau 22 triliun rupiah. Inilah yang akan membuat Sumbawa Barat akan dengan telak menjadi kabupaten terpencil sebagai penyumbang terbesar bagi ekonomi Indonesia.

Apa arti semua itu bagi Indonesia emas 2045? pembangunan smelter, pembagunan industri dasar, pembangunan Industrialisasi nasional, adalah langkah penting dan significant bagi Indonesia untuk menata ekonomi, perdagangan dan sistem keuangannya. Hilirisasi SDA tidak lagi dianggap omong kosong meski dihujani gempuran asing yang melawan rencana ini. Indonesia benar benar akan mengambil langkah seperti kata Bung Karno, pertanian adalah dasar dan Industri adalah tulang punggung. Inilah agenda utama bagi pembangunan rakyat semesta. []


Oleh: Salamuddin Daeng
Ketua Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia 

Opini

×
Berita Terbaru Update