Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Membentuk Kepribadian Islam Itu Butuh Pembinaan

Senin, 15 Juli 2024 | 14:40 WIB Last Updated 2024-07-15T07:40:51Z

Tintasiyasi.ID -- Penulis dan Aktivis Dakwah Islam Ustaz Adi Victoria menyatakan bahwa membentuk kepribadian Islam itu butuh pembinaan. "Halakah adalah proses pembinaan, yakni untuk menjadi seorang pengemban dakwah yang berkepribadian Islam," jelasnya kepada TintaSiyasi.id, Ahad (14/07/2024).

 

Menurutnya, kepribadian Islam meliputi dua hal, yakni memiliki pola pikir Islam dan pola sikap Islam. "Pola pikir ini bisa didapatkan dengan cara belajar, yakni saat diduk di majelis halakah tersebut. Ia dibina agar terbentuk pola pikir yang sesuai dengan Islam," terangnya.

 

Ia menyampaikan bahwa pola pikir Islam ini akan terbentuk ketika seseorang dalam mengeluarkan sebuah keputusan hukum disandarkan kepada akidah Islam.

 

"Pola sikap yakni berkaitan dengan pemenuhan terhadap fitrahnya sebagai manusia yang memerlukan pemenuhan untuk dipenuhi, baik fitrah berupa naluri serta kebutuhan jasmani," tambahnya.

 

Ia menjabarkan, pola sikap tersebut yakni cara mengelola untuk memenuhi naluri seperti naluri beragama, naluri melestarikan jenis, naluri mempertahankan diri, serta kebutuhan jasmani berdasarkan kaidah yang diimani dan diyakini.

 

"Pola sikap tidak akan terbentuk jika hanya diimani dan diyakini saja, namun harus diterapkan di dalam hidupnya," paparnya.

 

Ia menegaskan, seorang pengemban dakwah jika ingin terbentuk kepribadian Islam dalam dirinya adalah dengan cara senantiasa menjadikan pola pikirnya selalu berpijak kepada akidah Islam dan senantiasa menerapkan syariat Islam dengan baik dalam pola sikapnya.

 

"Semua itu dimulai dari yang namanya pembinaan. Jika ia menjalankan proses di atas dengan baik, tidak akan ada perasaan kering atau gersang saat hadir di pembinaan," tutupnya.[] Lilis

Opini

×
Berita Terbaru Update