Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Fenomena PHK Akibat Penerapan Ekonomi Kapitalisme

Minggu, 14 Juli 2024 | 11:45 WIB Last Updated 2024-07-14T04:46:09Z
TintaSiyasi.com -- Pakar Ekonomi Islam Dr. Arim Nasim, menilai fenomena pemutusan hubungan kerja (PHK) massal berkaitan dengan siklus ekonomi kapitalisme.

"Indonesia kan menerapkan sistem ekonomi kapitalisme. Dan siklus ekonomi itu akan senantiasa terjadi. Sehingga, fenomena yang terkait dengan PHK massal itu sebenarnya berkaitan dengan siklus ekonomi akibat penerapan sistem ekonomi kapitalisme," katanya di Kabar Petang Live: Akibat tak Fokus Soal Industrialisasi, Ekonomi RI dalam Bahaya? di YouTube Khilafah News, Kamis (11/07/2024).

Ia menjelaskan, dalam sistem ekonomi kapitalisme memang sebuah kepastian yang namanya krisis itu terjadi. Karena dalam sistem ekonomi kapitalisme itu ada siklus ekonomi.

Dia menyebut fenomena krisis itu akan selalu diawali dengan memburuknya kondisi perekonomian yang salah satunya ditandai dengan adanya inflasi tinggi. Banyaknya pengangguran yang melahirkan korban-korban baru yaitu orang-orang miskin akibat PHK.

"Jadi, ekonomi nanti ada di bawah kemudian ada perlakuan recovery selanjutnya ada di puncak, kemudian resesi hingga kembali lagi kepada titik nadhir. Nah itu terus berputar," tegas dia.

Banyaknya pabrik-pabrik yang bangkrut sehingga mengakibatkan banyaknya PHK dinilai olehnya bukan karena tidak ada yang beli produknya, bukan karena masyarakat tidak membutuhkan produknya. Namun karena pabrik-pabrik tidak mampu bersaing dengan produk impor.[] Heni

Opini

×
Berita Terbaru Update